Untuk panduan penggunaan aplikasi STAR, Anda bisa mendownload tutorialnya di aplikasi STAR dari menu Help > Document > Manual Book (harus login terlebih dahulu). Rekening Dana Investor adalah rekening di bank atas nama nasabah untuk transaksi jual beli saham di perusahaan Sekuritas, bertujuan untuk memisahkan dana nasabah dengan dana Perusahaan Efek. Ketentuan ini diatur oleh Peraturan Bapepam No.V.D.3 mengenai kewajiban pembukaan rekening Efek yang wajib diikuti dengan pembukaan rekening dana nasabah. STAR (Samuel Trading Active Realtime) adalah suatu produk dan layanan dari PT Samuel Sekuritas Indonesia yang membantu investor untuk bertransaksi saham secara online dan real time di Bursa Efek Indonesia melalui jaringan internet. Nasabah dapat melakukan transaksi pesanan beli/jual saham secara langsung melalui STAR Browser, STAR Mobile (Blackberry, Android, iPad, iPhone) ataupun STAR Desktop. Pesanan beli/jual yang diterima oleh sistem remote trading secara otomatis dikirim ke JATS (Jakarta Automatic Trading System) tanpa perlu menghubungi broker. Nasabah juga dapat melakukan perubahan atau pembatalan transaksi order melalui STAR Ada dua jenis rekening di PT Samuel Sekuritas Indonesia yakni : Perbedaan utama ada pada tabel di bawah ini: PT Samuel Sekuritas Indonesia (SSI) adalah perusahaan perantara perdagangan efek yang tercatat sebagai anggota Bursa Efek Indonesia, dengan kode perusahaan IF. Semua rekening nasabah SAMUEL dibukakan sub-rekening di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), merupakan lembaga yang menyimpan semua surat berharga atas nama Nasabah. Anda akan menerima kartu investor dan pin untuk mengakses website KSEI sebagai bukti bahwa saham Anda tersimpan dengan aman di kustodi. Jika Anda adalah nasabah SAMUEL tetapi belum menerima investor akses, silakan hubungi Customer Service untuk bantuan. Nasabah dapat memverifikasi dan mendapatkan bukti kepemilikan saham dengan cara login ke investor akses di website KSEI. Ya. Semua nasabah Online Trading akan mendapatkan akses ke sistem online (STAR). Transaksi saham sudah dapat dimulai setelah Anda mendapatkan Client Code, Password, PIN trading, dan setelah menyetorkan deposit awal ke rekening dana investor (RDI) atau menyerahkan collateral saham. Trading dilakukan sesuai dengan waktu perdagangan di Bursa Efek Indonesia, yaitu : Semua nasabah pemilik rekening efek di PT Samuel Sekuritas Indonesia harus membuka Rekening Dana Investor (RDI) di salah satu bank di Indonesia sebagai berikut : Jika Anda yang sudah mendapatkan nomor RDI, setoran awal atau penambahan dana selanjutnya dapat disetorkan ke rekening RDI tersebut. Rekening atas nama Perorangan/ Individu Rekening atas nama Perusahaan/Institusi Institusi/Perusahaan: Anda dapat melakukan pembukaan rekening efek STAR secara online http://register.samuel.co.id dengan mengikuti petunjuk cara mengisi data-data pribadi anda sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Anda dapat mengunjungi kantor kami dan Customer Service akan membantu anda dalam pengisian pembukaan rekening dan kelengkapan dokumen pendukung. STAR Customer Service Telp (+62) 21- 28548181. Anda bisa dibantu untuk pengambilan dokumen pembukaan rekeningnya oleh pihak Marketing kami (pick up order), sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati. Nasabah yang menggunakan fasilitas trading limit dan belum menyelesaikan kewajiban pembayaran atas transaksi pembelian saham akan dikenakan denda dari nilai transaksi mulai dari T+4 sebesar 0.15% per hari. Biaya komisi broker : Komisi Transaksi sudah termasuk biaya : Karena dana nasabah tersimpan di rekening dana investor (RDI), maka bunga yang diberlakukan sesuai ketentuan bank yang dipilih, yakni Bank BCA dan Bank Mandiri. Besar bunga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung perubahan bunga bank. Jika Anda ingin mendapatkan bunga yang lebih optimal pada instrumen pasar uang (tenor di bawah 1 tahun), SAMUEL menyediakan produk setara pasar uang. Hubungi STAR Customer Service untuk informasi lebih lanjut. Setoran awal minimum untuk rekening online trading : Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah). Tanggal penyelesaian untuk semua transaksi adalah 3 hari kerja sejak tanggal transaksi atau T+3. Untuk menutup rekening, Anda perlu mengisi dan menandatangani formulir instruksi penutupan rekening. Caranya: Nasabah memberikan instruksi kepada sekuritas yang lama dan mengisi formulir untuk meminta pemindahan saham. Fotocopy formulir pemindahan tersebut diserahkan kepada PT Samuel Sekuritas Indonesia untuk penyelesaian pemindahan saham Nasabah. Nasabah harus menandatangani formulir pemindaham saham dan mengirimkannya ke Customer Service STAR. Formulir dapat didownload setelah login ke aplikasi STAR for Desktop atau Website di Menu Account> Shares Transfer Request. Biaya pemindahan sebesar Rp 22.000,- per kode saham. Tidak, penarikan dana dari rekening RDI tidak dapat dilakukan langsung oleh nasabah karena hak kuasa pengelolaan rekening dana investor ada di perusahaan sekuritas tempat membuka rekening efek (PT Samuel Sekuritas Indonesia). Setiap akan menarik dana, Anda harus mengirimkan instruksi penarikan dana secara online dari sistem STAR di menu Account> Fund Withdrawal Confirmation> Masukkan nominal dana yang ingin ditarik. Dana akan dikirim ke rekening bank atas nama nasabah yang sudah terdaftar di formulir pembukaan rekening. Jika ada perubahan data atau nomor rekening bank, nasabah harus mengirimkan surat pernyataan perubahan nomor rekening bank di atas materai. Nasabah harus mengirimkan instruksi penarikan dana secara online dari sistem STAR di menu Account> Fund Withdrawal Confirmation> Masukkan nominal dana yang ingin ditarik. Batas waktu (cut off time) instruksi penarikan dana dari nasabah adalah : Tidak ada saldo minimum yang harus disisakan. Anda dapat menambah deposit pada rekening sewaktu-waktu. Penambahan dana dapat disetorkan ke nomor Rekening Dana Investor yang Anda miliki. Untuk mengetahui nomor rekening RDI Anda, caranya: Konfirmasi penyetoran dana bisa melalui menu Account> Fund Deposit Confirmation> Masukkan nominal dana yg disetorkan atau bisa email ke : star@samuel.co.id dan menghubungi Customer Service Apabila terjadi gangguan koneksi internet atau jaringan dari pihak SAMUEL sehingga nasabah tidak dapat mengakses STAR, nasabah tetap dapat melakukan transaksi dengan melakukan order jual/beli melalui telepon. Anda cukup menghubungi STAR Customer Service di Telp +62-21-2854 8181 pada jam bursa. Jika terjadi gangguan koneksi internet dari nasabah seperti komputer rusak atau tidak ada koneksi internet, kami tidak memberikan fasilitas memasang order melalui telepon kepada nasabah dengan tipe layanan OLT only. Bagi Nasabah yang lupa Password atau PIN Trading untuk proses login dapat menghubungi STAR Customer Service di Telp 021-28548181. Customer Service akan melakukan verifikasi data dan akan melakukan reset dan pengiriman Password atau PIN trading nasabah ke alamat email yang terdaftar Sesuai dengan Surat Edaran dari BEI no. SE-00005/BEI/10-2011, fasilitas multiple login tidak diperkenankan. Tidak, apabila Anda mengakses melalui internet browser ( STAR for web). Ya, apabila Anda mengakses melalui aplikasi STAR for PC atau STAR for mobile device. STAR didesain untuk dapat digunakan pada berbagai jenis komputer atau mobile browser sehingga tidak perlu untuk melakukan instalasi software secara khusus. Namun, untuk Nasabah yang lebih suka menggunakan software, STAR juga menyediakan aplikasi untuk didownload pada berbagai perangkat mobile seperti BlackBerry, iPhone, iPad, Tab ataupun ponsel Android. Anda dapat menemukan aplikasi STAR dan cara menginstal (jika diperlukan) http://m.samuel.co.id Fasilitas laporan transaksi dapat berupa: Laporan historikal transaksi (Customer Statement) dikirim setiap bulan melalui email, atau dapat langsung dilihat langsung dan dicetak setiap saat dengan cara: Transaksi yang dilakukan dalam satu hari dapat dipantau melalui sistem STAR pada halaman “Order Status“. Anda akan mendapatkan konfirmasi transaksi (trade confirmation) via email sebagai bukti transaksi. Email konfirmasi juga akan dikirim untuk setiap tindakan yang dilakukan seperti melakukan pemesanan (order), perubahan (amend) dan pembatalan (cancel) dan jika pesanan telah terpenuhi (order done). Rekomendasi dan riset saham terkini dikirimkan melalui alamat email nasabah yang terdaftar dan layanan BlackBerry Push Messages. Nasabah juga dapat membaca secara online di www.samuel.co.id Nasabah yang memilih layanan full service dengan bantuan broker/sales dapat menanyakan rekomendasi saham pada account officer-nya. Pada waktu pembukaan rekening awal, mohon memberikan informasi kepada Sales atau Customer Service kami bahwa Anda ingin mendapatkan fasilitas tersebut. Jika limit trading Anda adalah “cash only” dan ingin mendapatkan limit transaksi melebihi dana yang tersedia, mohon mengkonfirmasi kepada kami melalui email ke : star@samuel.co.id.General
STAR dapat digunakan di berbagai macam perangkat komputer.
STAR dapat diakses dari berbagai browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera dsb atau melalui aplikasi yang diinstal pada PC/notebook.
STAR juga dapat diakses melalui ponsel, dengan menginstal aplikasi di BlackBerry, iPhone/iPad dan Android. STAR adalah satu-satunya aplikasi online trading asli Indonesia yang mendapat sertifikasi dari Blackberry AppWorld dan Apple iTunes.
Melalui sistem remote yang terintegrasi dengan JATS, order nasabah dikirim secara langsung dan cepat (real time). STAR menyediakan kapasitas bandwith yang besar sehingga mempermudah akses pengguna ke online trading Samuel
Nasabah dapat bertransaksi saham dari mana saja cukup dengan terkoneksi ke jaringan internet. Mengakses STAR di luar negeri yang memiliki perbedaan waktu tidak akan menjadi kendala jika jaringan internet terkoneksi dengan baik.
Deposit awal pembukaan rekening terjangkau dan biaya komisi yang bersaing, ditambah berbagai fasilitas dan layanan, memberikan nilai tambah atas rekening STAR.
STAR menggunakan sistem enkripsi SSL (Secured Socket Layer) protocol 256bit yang sertifikasinya dikeluarkan oleh GeoTrust,Verisign serta menggunakan CheckPoint Firewall-1 3DES untuk keamanan akses ke jaringan (Network Access Security) dan data enkripsi atas intruksi pesanan yang dikirim.
Fleksibilitas untuk mengakses portfolio, melihat status order dan posisi rekening sewaktu-waktu selama 24 jam. Informasi lengkap tentang pasar modal, riset saham harian, analisa teknikal, rekomendasi bahkan rumor diberikan secara lengkap dan cuma-cuma, serta Customer Service yang senantiasa membantu anda.
1. Rekening Online Trading
2. Full Service atau dengan Layanan Account Officer
Perbedaan
Online Trading
Full Service
Cara bertransaksi
Internet (Aplikasi, Web Based & Gadget)
Telepon Account Officer (AO) dan Internet
Deposit awal
Rp. 10 Juta
Rp. 50 Juta
Komisi Broker
Beli 0,15% Net
Jual 0,25% NetBeli 0,25% Net
Jual 0,35% NetNew Account
Sesi pra pembukaan
:
08.45-08.55 WIB
Sesi I (pasar reguler, tunai, negosiasi)
:
09.00-12.00 WIB (Senin-Kamis)
09.00-11.30 WIB (Jumat)
Sesi II (pasar reguler, negosiasi)
:
13.30-15.50 WIB (Senin-Kamis)
14.00-15.50 WIB (Jumat)
Sesi pra penutupan (pasar reguler)
:
15.50-16.00 WIB
Sesi pasca penutupan (pasar reguler, negosiasi)
:
16.05-16.15 WIB
(Paraf dan tanda tangani pada bagian yang telah ditentukan)
(Tanda tangani disetiap halamannya dan tanda tangani diatas materai pada bagian yang telah ditentukan)
Individu/Perorangan
PT Samuel Sekuritas Indonesia
Customer Service Division
Menara Imperium 21 Floor, Jl. HR Rasuna Said Kav.1 Jakarta 12980. IndonesiaPricing
Rekening Online Trading
Rekening Full Service
Transaksi Beli
0,15% net
0,25% net
Transaksi Jual
0,25% net
0,35% net
Minimum Saldo Kas
Rp.0,-
Rp.0,-
Biaya tambahan di pasar nego
Sesuai*biaya KSEI + Brokerage Fee
Biaya bulanan
Rp. 35.000 atau Gratis jika total nilai transaksi per bulan mencapai Rp. 100 juta.
Setoran awal minimum untuk rekening full service : Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah).
Penambahan dana selanjutnya : tidak terbatas.Procedures
Formulir asli harus dikirimkan melalui pos/kurir apabila pada formulir penutupan disertai dengan keterangan instruksi pemindahan saham ke sekuritas lain
Technical
User ID (Client Code) dan Password hanya dapat digunakan oleh satu pengguna, ini berguna untuk menjaga keamanan dalam melakukan transaksi secara online.Value
FAQ – Frequently Asked Questions
Bagaimana cara penggunaan aplikasi STAR?
Apakah yang dimaksud dengan Rekening Dana Investor (RDI)?
Apakah keunggulan STAR dibandingkan layanan sejenis?
Apa keuntungan transaksi saham melalui sistem online?
Apa itu STAR?
Apakah perbedaan jenis rekening di PT Samuel Sekuritas Indonesia?
Apakah PT Samuel Samuel Sekuritas Indonesia anggota BEI?
Apa yang menjadi tanda bukti untuk saya sebagai pemilik saham?
Jika saya mempunyai rekening Online Trading di Samuel Sekuritas apakah secara otomatis saya memiliki akses online?
Kapan saya dapat mulai bertransaksi?
Kemana saya menyetorkan dana awal untuk pembukaan rekening efek saya?
Dokumen apa saja yang harus dilampirkan untuk persyaratan pembukaan rekening?
Bagaimana prosedur pembukaan rekening?
Bagaimana caranya melakukan pembukaan rekening STAR di PT Samuel Sekuritas Indonesia?
Apakah ada denda untuk keterlambatan pembayaran?
Berapa biaya transaksi yang dibebankan ke nasabah?
Berapa persen bunga yang saya terima atas nilai dana yang tidak diperdagangkan?
Berapa setoran awal minimum untuk membuka rekening?
Kapankah tanggal penyelesaian transaksi?
Bagaimana cara menutup rekening saya?
Bagaimana cara untuk memindahkan saham yang sudah dimiliki dari sekuritas lain ke Samuel Sekuritas?
Bagaimana cara memindahkan saham dari Samuel Sekuritas?
Apakah saya bisa mengambil dana langsung dari rekening RDI?
Bagaimana cara menarik dana dari rekening STAR saya?
Bagaimana cara menambah dana ke rekening STAR saya
Apakah saya dapat tetap melakukan transaksi jika terjadi gangguan pada koneksi saya?
Bagaimana kalau saya lupa Password atau PIN Trading?
Bisakah User ID dan Password saya digunakan lebih dari satu orang secara bersamaan?
Apakah perlu menginstal software khusus?
Bagaimanakah bentuk laporan yang akan saya terima?
(*dikenakan biaya).
Apakah saya menerima laporan transaksi bulanan dan harian?
Apakah saya akan mendapatkan rekomendasi dan laporan riset?
Bagaimana cara untuk mendapatkan atau menambah fasilitas limit trading?