Samuel

Login Register Free Trial
  • Home
  • Why STAR
  • New Clients
  • Forms
  • Tutorial
  • FAQ
  • Contact Us

FAQ – Frequently Asked Questions

General

Bagaimana cara penggunaan aplikasi STAR?

Untuk panduan penggunaan aplikasi STAR, Anda bisa mendownload tutorialnya di aplikasi STAR dari menu Help > Document > Manual Book (harus login terlebih dahulu).

Apakah yang dimaksud dengan Rekening Dana Investor (RDI)?

Rekening Dana Investor adalah rekening di bank atas nama nasabah untuk transaksi jual beli saham di perusahaan Sekuritas, bertujuan untuk memisahkan dana nasabah dengan dana Perusahaan Efek.

Ketentuan ini diatur oleh Peraturan Bapepam No.V.D.3 mengenai kewajiban pembukaan rekening Efek yang wajib diikuti dengan pembukaan rekening dana nasabah.

Apakah keunggulan STAR dibandingkan layanan sejenis?
  • Multi Devices
    STAR dapat digunakan di berbagai macam perangkat komputer.
    STAR dapat diakses dari berbagai browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Opera dsb atau melalui aplikasi yang diinstal pada PC/notebook.
    STAR juga dapat diakses melalui ponsel, dengan menginstal aplikasi di BlackBerry, iPhone/iPad dan Android. STAR adalah satu-satunya aplikasi online trading asli Indonesia yang mendapat sertifikasi dari Blackberry AppWorld dan Apple iTunes.
  • Real Time Order
    Melalui sistem remote yang terintegrasi dengan JATS, order nasabah dikirim secara langsung dan cepat (real time). STAR menyediakan kapasitas bandwith yang besar sehingga mempermudah akses pengguna ke online trading Samuel
  • Trade Anywhere
    Nasabah dapat bertransaksi saham dari mana saja cukup dengan terkoneksi ke jaringan internet. Mengakses STAR di luar negeri yang memiliki perbedaan waktu tidak akan menjadi kendala jika jaringan internet terkoneksi dengan baik.
  • Affordable Price
    Deposit awal pembukaan rekening terjangkau dan biaya komisi yang bersaing, ditambah berbagai fasilitas dan layanan, memberikan nilai tambah atas rekening STAR.
  • Secure Transaction
    STAR menggunakan sistem enkripsi SSL (Secured Socket Layer) protocol 256bit yang sertifikasinya dikeluarkan oleh GeoTrust,Verisign serta menggunakan CheckPoint Firewall-1 3DES untuk keamanan akses ke jaringan (Network Access Security) dan data enkripsi atas intruksi pesanan yang dikirim.
  • Comfort Tools & Services
    Fleksibilitas untuk mengakses portfolio, melihat status order dan posisi rekening sewaktu-waktu selama 24 jam. Informasi lengkap tentang pasar modal, riset saham harian, analisa teknikal, rekomendasi bahkan rumor diberikan secara lengkap dan cuma-cuma, serta Customer Service yang senantiasa membantu anda.
Apa keuntungan transaksi saham melalui sistem online?
  1. Pemesanan transaksi beli/jual saham bisa lebih cepat terkirim,
  2. Memiliki Kesempatan mendapatkan posisi harga yang lebih optimal,
  3. Penempatan order bisa dilakukan di luar jam bursa.
Apa itu STAR?

STAR (Samuel Trading Active Realtime)

adalah suatu produk dan layanan dari PT Samuel Sekuritas Indonesia yang membantu investor untuk bertransaksi saham secara online dan real time di Bursa Efek Indonesia melalui jaringan internet.

Nasabah dapat melakukan transaksi pesanan beli/jual saham secara langsung melalui STAR Browser, STAR Mobile (Blackberry, Android, iPad, iPhone) ataupun STAR Desktop. Pesanan beli/jual yang diterima oleh sistem remote trading secara otomatis dikirim ke JATS (Jakarta Automatic Trading System) tanpa perlu menghubungi broker. Nasabah juga dapat melakukan perubahan atau pembatalan transaksi order melalui STAR

Apakah perbedaan jenis rekening di PT Samuel Sekuritas Indonesia?

Ada dua jenis rekening di PT Samuel Sekuritas Indonesia yakni :
1. Rekening Online Trading
2. Full Service atau dengan Layanan Account Officer

Perbedaan utama ada pada tabel di bawah ini:

Perbedaan Online Trading Full Service
Cara bertransaksi Internet (Aplikasi, Web Based & Gadget) Telepon Account Officer (AO) dan Internet
Deposit awal Rp. 10 Juta Rp. 50 Juta
Komisi Broker Beli 0,15% Net
Jual 0,25% Net
Beli 0,25% Net
Jual 0,35% Net
Apakah PT Samuel Samuel Sekuritas Indonesia anggota BEI?

PT Samuel Sekuritas Indonesia (SSI) adalah perusahaan perantara perdagangan efek yang tercatat sebagai anggota Bursa Efek Indonesia, dengan kode perusahaan IF.

New Account

Apa yang menjadi tanda bukti untuk saya sebagai pemilik saham?

Semua rekening nasabah SAMUEL dibukakan sub-rekening di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), merupakan lembaga yang menyimpan semua surat berharga atas nama Nasabah. Anda akan menerima kartu investor dan pin untuk mengakses website KSEI sebagai bukti bahwa saham Anda tersimpan dengan aman di kustodi. Jika Anda adalah nasabah SAMUEL tetapi belum menerima investor akses, silakan hubungi Customer Service untuk bantuan.

Nasabah dapat memverifikasi dan mendapatkan bukti kepemilikan saham dengan  cara login ke  investor akses di website KSEI.

Jika saya mempunyai rekening Online Trading di Samuel Sekuritas apakah secara otomatis saya memiliki akses online?

Ya. Semua nasabah Online Trading akan mendapatkan akses ke sistem online (STAR).

Kapan saya dapat mulai bertransaksi?

Transaksi saham sudah dapat dimulai setelah Anda mendapatkan Client Code, Password, PIN trading, dan setelah menyetorkan deposit awal ke rekening dana investor (RDI) atau menyerahkan collateral saham.

Trading dilakukan sesuai dengan waktu perdagangan di Bursa Efek Indonesia, yaitu :

Sesi pra pembukaan : 08.45-08.55 WIB
Sesi I (pasar reguler, tunai, negosiasi) : 09.00-12.00 WIB (Senin-Kamis)
09.00-11.30 WIB (Jumat)
Sesi II (pasar reguler, negosiasi) : 13.30-15.50 WIB (Senin-Kamis)
14.00-15.50 WIB (Jumat)
Sesi pra penutupan (pasar reguler) : 15.50-16.00 WIB
Sesi pasca penutupan (pasar reguler, negosiasi) : 16.05-16.15 WIB
Kemana saya menyetorkan dana awal untuk pembukaan rekening efek saya?

Semua nasabah pemilik rekening efek di PT Samuel Sekuritas Indonesia harus membuka Rekening Dana Investor (RDI) di salah satu bank di Indonesia sebagai berikut :

  1. Bank BCA
  2. Bank Mandiri

Jika Anda yang sudah mendapatkan nomor RDI, setoran awal atau penambahan dana selanjutnya dapat disetorkan ke rekening RDI tersebut.

Dokumen apa saja yang harus dilampirkan untuk persyaratan pembukaan rekening?

Rekening atas nama Perorangan/ Individu

  • KTP Bagi WNI atau PASPOR/KITAS/KIMS bagi WNA
  • NPWP atau surat pernyataan tidak memiliki NPWP
  • KTP Pasangan, bagi calon nasabah yang berstatus menikah atau KTP orang tua bagi calon nasabah yang berstatus pelajar
  • Halaman depan Buku Tabungan atau Rekening Koran
  • Kartu nama / Surat Pernyataan Bekerja

Rekening atas nama Perusahaan/Institusi

  • KTP/Paspor dan NPWP Pejabat yang Berwenang Sesuai dengan Akte Perusahaan.
  • NPWP dan SIUP Perusahaan
  • Akte Pendirian Perusahaan Beserta Seluruh Perubahannya (Telah Disahkan oleh Menteri Kehakiman),
  • Keputusan Kementrian Hukum & HAM
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Surat Keterangan Domisili
  • Laporan keuangan terakhir
  • Akte terakhir Susunan Pengurus Perseroan
Bagaimana prosedur pembukaan rekening?
  1. Registrasi secara online di register.samuel.co.id  atau mengunduh dan mengisi formulir yang terdapat di download
  2. Cetak dan tandatangani formulir yang dilampirkan:
    • Formulir pembukaan rekening efek & perjanjian pembukaan rekening efek
      (Paraf dan tanda tangani pada bagian yang telah ditentukan)
    • Formulir Rekening Dana Investor (RDI) terlampir sesuai dengan pilihan
      (Tanda tangani disetiap halamannya dan tanda tangani diatas materai pada bagian yang telah ditentukan)
  3. Fotocopy dokumen yang dilampirkan:
    Individu/Perorangan

    • KTP Bagi WNI atau PASPOR/KITAS/KIMS bagi WNA
    • NPWP atau surat pernyataan tidak memiliki NPWP
    • KTP Pasangan, bagi calon nasabah yang berstatus menikah atau KTP orang tua bagi calon nasabah yang berstatus pelajar
    • Halaman depan Buku Tabungan atau Rekening Koran
    • Kartu nama / Surat Pernyataan Bekerja

    Institusi/Perusahaan:

    • KTP/Paspor dan NPWP Pejabat yang Berwenang Sesuai dengan Akte Perusahaan.
    • NPWP dan SIUP Perusahaan
    • Akte Pendirian Perusahaan Beserta Seluruh Perubahannya (Telah Disahkan oleh Menteri Kehakiman),
    • Keputusan Kementrian Hukum & HAM
    • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    • Surat Keterangan Domisili
    • Laporan keuangan terakhir
    • Akte terakhir Susunan Pengurus Perseroan
  4. Serahkan formulir (asli) yang telah dilengkapi dan ditandatangani beserta lampiran ke:
    PT Samuel Sekuritas Indonesia
    Customer Service Division
    Menara Imperium 21 Floor, Jl. HR Rasuna Said Kav.1 Jakarta 12980. Indonesia
  5. Pengaktifan rekening dapat dilakukan setelah dokumen lengkap, pembuatan sub rekening (SID) di KSEI dan pembuatan RDI di bank selesai diproses serta dana sudah diterima oleh SAMUEL. (Nomor rekening RDI akan diinformasikan melalui email oleh Customer Service)
  6. Setelah rekening diaktifkan, SAMUEL akan mengirimkan Client Code, Password dan PIN Trading untuk login ke STAR melalui email.
Bagaimana caranya melakukan pembukaan rekening STAR di PT Samuel Sekuritas Indonesia?

Anda dapat melakukan pembukaan rekening efek STAR secara online http://register.samuel.co.id dengan mengikuti petunjuk cara mengisi data-data pribadi anda sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Anda dapat mengunjungi kantor kami dan Customer Service akan membantu anda dalam pengisian pembukaan rekening dan kelengkapan dokumen pendukung. STAR Customer Service Telp (+62) 21- 28548181.

Anda bisa dibantu untuk pengambilan dokumen pembukaan rekeningnya oleh pihak Marketing kami (pick up order), sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati.

Pricing

Apakah ada denda untuk keterlambatan pembayaran?

Nasabah yang menggunakan fasilitas trading limit dan belum menyelesaikan kewajiban pembayaran atas transaksi pembelian saham akan dikenakan denda dari nilai transaksi mulai dari T+4 sebesar 0.15% per hari.

Berapa biaya transaksi yang dibebankan ke nasabah?

Biaya komisi broker :

Rekening Online Trading Rekening Full Service
Transaksi Beli 0,15% net 0,25% net
Transaksi Jual 0,25% net 0,35% net
Minimum Saldo Kas Rp.0,- Rp.0,-
Biaya tambahan di pasar nego Sesuai*biaya KSEI + Brokerage Fee
Biaya bulanan Rp. 35.000 atau Gratis jika total nilai transaksi per bulan mencapai Rp. 100 juta.

Komisi Transaksi sudah termasuk biaya :

  •  VAT (PPN) 10% dari brokerage fee
  •  IDX Fee (Biaya Levy BEI) 0,043% dari total Value transaksi beli atau jual
  •  Selling Tax (PPh) 0,1% dari total Value transaksi jual
Berapa persen bunga yang saya terima atas nilai dana yang tidak diperdagangkan?

Karena dana nasabah tersimpan di rekening dana investor (RDI), maka bunga yang diberlakukan sesuai ketentuan bank yang dipilih, yakni Bank BCA dan Bank Mandiri. Besar bunga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung perubahan bunga bank.

Jika Anda ingin mendapatkan bunga yang lebih optimal pada instrumen pasar uang (tenor di bawah 1 tahun), SAMUEL menyediakan produk setara pasar uang. Hubungi STAR Customer Service untuk informasi lebih lanjut.

Berapa setoran awal minimum untuk membuka rekening?

Setoran awal minimum untuk rekening online trading : Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah).
Setoran awal minimum untuk rekening full service : Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah).
Penambahan dana selanjutnya : tidak terbatas.

Procedures

Kapankah tanggal penyelesaian transaksi?

Tanggal penyelesaian untuk semua transaksi adalah 3 hari kerja sejak tanggal transaksi atau  T+3.

Bagaimana cara menutup rekening saya?

Untuk menutup rekening, Anda perlu mengisi dan menandatangani formulir instruksi penutupan rekening.

Caranya:

  1. Login ke aplikasi STAR for Desktop atau STAR for Web,
  2. Klik menu Account> Closing Account
  3. Cetak dan tandatangani formulir tersebut
  4. Kirim melalui fax ke no. 021-83701610 atau email ke : star@samuel.co.id
    Formulir asli harus dikirimkan melalui pos/kurir apabila pada formulir penutupan disertai dengan keterangan instruksi pemindahan saham ke sekuritas lain
  5. Saldo dana akan ditransfer ke rekening bank nasabah yang terdaftar.
  6. Catatan: Rekening dapat ditutup jika semua saham yang ada di rekening telah dijual atau dipindahkan ke sekuritas lain.
Bagaimana cara untuk memindahkan saham yang sudah dimiliki dari sekuritas lain ke Samuel Sekuritas?

Nasabah memberikan instruksi kepada sekuritas yang lama dan mengisi formulir untuk meminta pemindahan saham.

Fotocopy formulir pemindahan tersebut diserahkan kepada PT Samuel Sekuritas Indonesia untuk penyelesaian pemindahan saham Nasabah.

Bagaimana cara memindahkan saham dari Samuel Sekuritas?

Nasabah harus menandatangani formulir pemindaham saham dan mengirimkannya ke Customer Service STAR. Formulir dapat didownload setelah login ke aplikasi STAR for Desktop atau Website di Menu Account> Shares Transfer Request.

Biaya pemindahan sebesar Rp 22.000,- per kode saham.

Apakah saya bisa mengambil dana langsung dari rekening RDI?

Tidak,  penarikan dana dari rekening RDI tidak dapat  dilakukan langsung oleh nasabah karena hak kuasa pengelolaan rekening dana investor  ada di perusahaan sekuritas tempat  membuka rekening efek (PT Samuel Sekuritas Indonesia).

Setiap akan menarik dana, Anda harus mengirimkan instruksi penarikan dana secara online dari sistem STAR di menu Account> Fund Withdrawal Confirmation> Masukkan nominal dana yang ingin ditarik.

Dana akan dikirim ke  rekening bank atas nama nasabah yang sudah terdaftar di formulir pembukaan rekening.  Jika ada perubahan data atau nomor rekening bank,  nasabah harus mengirimkan surat pernyataan perubahan nomor rekening bank di atas materai.

Bagaimana cara menarik dana dari rekening STAR saya?

Nasabah harus mengirimkan instruksi penarikan dana secara online dari sistem STAR di menu Account> Fund Withdrawal Confirmation> Masukkan nominal dana yang ingin ditarik.

Batas waktu (cut off time) instruksi penarikan dana dari nasabah adalah :

  • Instruksi diterima sebelum jam 12.00  WIB, pencairan dana akan dijalankan keesokan harinya (T + 1).
  • Instruksi diterima setelah jam 12.00 WIB, pencairan dana akan dijalankan lusa (T + 2).
  • Penarikan dana dari hasil penjualan harus menunggu sampai dana jatuh tempo di T+3.

Tidak ada saldo minimum yang harus disisakan.

Bagaimana cara menambah dana ke rekening STAR saya

Anda dapat menambah deposit pada rekening sewaktu-waktu. Penambahan dana dapat disetorkan ke nomor Rekening Dana Investor yang Anda miliki.

Untuk mengetahui nomor rekening RDI Anda, caranya:

  1. Login ke aplikasi STAR for Desktop atau STAR for Web,
  2. Klik menu Account> Update Profile> My Profile> RDI Bank/No.

Konfirmasi penyetoran dana bisa melalui menu Account> Fund Deposit Confirmation> Masukkan nominal dana yg disetorkan atau bisa email ke : star@samuel.co.id dan menghubungi Customer Service

Technical

Apakah saya dapat tetap melakukan transaksi jika terjadi gangguan pada koneksi saya?

Apabila terjadi gangguan koneksi internet atau jaringan dari pihak SAMUEL sehingga nasabah tidak dapat mengakses STAR, nasabah tetap dapat melakukan transaksi dengan melakukan order jual/beli melalui telepon. Anda cukup menghubungi STAR Customer Service di Telp +62-21-2854 8181 pada jam bursa.

Jika terjadi gangguan koneksi internet dari nasabah seperti komputer rusak atau tidak ada koneksi internet, kami tidak memberikan fasilitas memasang order melalui telepon kepada nasabah dengan tipe layanan OLT only.

Bagaimana kalau saya lupa Password atau PIN Trading?

Bagi Nasabah yang lupa Password atau PIN Trading untuk proses login dapat menghubungi STAR Customer Service di Telp 021-28548181.

Customer Service akan melakukan verifikasi data dan akan melakukan reset dan pengiriman Password atau PIN trading nasabah ke alamat email yang terdaftar

Bisakah User ID dan Password saya digunakan lebih dari satu orang secara bersamaan?

Sesuai dengan Surat Edaran dari BEI no. SE-00005/BEI/10-2011, fasilitas multiple login tidak diperkenankan.
User ID (Client Code) dan Password hanya dapat digunakan oleh satu pengguna, ini berguna untuk menjaga keamanan dalam melakukan transaksi secara online.

Apakah perlu menginstal software khusus?

Tidak, apabila Anda mengakses melalui internet browser ( STAR for web).

Ya, apabila Anda mengakses melalui aplikasi STAR for PC atau STAR for mobile device.

STAR didesain untuk dapat digunakan pada berbagai jenis komputer atau mobile browser sehingga tidak perlu untuk melakukan instalasi software secara khusus. Namun, untuk Nasabah yang lebih suka menggunakan software, STAR juga menyediakan aplikasi untuk didownload pada berbagai perangkat mobile seperti BlackBerry, iPhone, iPad, Tab ataupun ponsel Android. Anda dapat menemukan aplikasi STAR dan cara menginstal (jika diperlukan) http://m.samuel.co.id

Value

Bagaimanakah bentuk laporan yang akan saya terima?

Fasilitas laporan transaksi dapat berupa:

  • Online melalui aplikasi STAR.
  • Email : Customer Statement, Trade Confirmation, Order Alert, Done Alert, Daily Price Alert, Login Log Report.
  • SMS : Jika nasabah melakukan penyetoran dana.
  • *Fax : Customer Statement dan Trade Confirmation.
  • *Surat Pos : permintaan khusus.
(*dikenakan biaya).

Apakah saya menerima laporan transaksi bulanan dan harian?

Laporan historikal transaksi (Customer Statement) dikirim setiap bulan melalui email, atau dapat langsung dilihat langsung dan dicetak setiap saat dengan cara:

  1. Login ke aplikasi STAR for Desktop atau melalui browser STAR for Web.
  2. Pilih menu “Balance & Position” > “Statement Report”.
  3. Masukan PIN Trading (jika belum login PIN)
  4. Pilih tanggal yang diinginkan.
  5. Pilih “Trade History” untuk melihat laporan transaksi jual dan beli.
  6. Pilih “Cash Activity” untuk melihat laporan dana masuk dan keluar.

Transaksi yang dilakukan dalam satu hari dapat dipantau melalui sistem STAR pada halaman “Order Status“.

Anda akan mendapatkan konfirmasi transaksi (trade confirmation) via email sebagai bukti transaksi.

Email konfirmasi juga akan dikirim untuk setiap tindakan yang dilakukan seperti melakukan pemesanan (order), perubahan (amend) dan pembatalan (cancel) dan jika pesanan telah terpenuhi (order done).

Apakah saya akan mendapatkan rekomendasi dan laporan riset?

Rekomendasi dan riset saham terkini dikirimkan melalui alamat email nasabah yang terdaftar dan layanan BlackBerry Push Messages.

Nasabah juga dapat membaca secara online di www.samuel.co.id

Nasabah yang memilih layanan full service dengan bantuan broker/sales dapat menanyakan rekomendasi saham pada account officer-nya.

Bagaimana cara untuk mendapatkan atau menambah fasilitas limit trading?

Pada waktu pembukaan rekening awal, mohon memberikan informasi kepada Sales atau Customer Service kami bahwa Anda ingin mendapatkan fasilitas tersebut.

Jika limit trading Anda adalah “cash only” dan ingin mendapatkan limit transaksi melebihi dana yang tersedia, mohon mengkonfirmasi kepada kami melalui email ke : star@samuel.co.id.

 

Privacy and Security - Term Of Use | © 2021 PT Samuel Sekuritas Indonesia. All Rights Reserved.